Powered By Blogger

Rabu, 27 April 2011

Adat Istiadat SDN Margamulya 2, Dalam Rangka Melepas Murid Kelas 6

Upacara Adat Warnai Perpisahan Dua SD [Nusantara]Upacara Adat Warnai Perpisahan Dua SD

Indramayu, Pelita
Rangkaian puncak acara kegiatan kenaikan kelas dan perpisahan SDN Margamulya I dan II Desa Margamulya Kec Bongas dilaksanakan Rabu (24/6) di halaman Kampus SD setempat diwarnai upacara adat kejawen, kreasi seni, pembacaan puisi, dan lantunan lagu yang bernuansa religius disaksikan kurang lebih 500 pengunjung dari para orang tua siswa dan tamu undangan lainnya.
Bahkan segudang mata acara yang dikemas oleh panitia penyelenggara, Kepala dan Stap UPTD Pendidikan Kec Bongas, dewan guru dan pengurus komite nampak turut memenuhi tempat resepsi pelepasan 69 siswa kelas VI lulusan tahun pelajaran 2008-2009 hingga usai berjalan mulus dan cukup meriah.
Kepala SDN Margamulya II Sumarto SPd menerangkan, acara kegiatan kenaikan kelas dan perpisahan siswa dari SDN Margamulya I dan II dilangsungkan dalam waktu yang bersama dan juga di satu tempat lantaran bangunan dua gedungnya dalam satu lokasi. Kegiatan yang dilakukan dalam waktu yang bersamaan dinilai lebih efektif dan efisien.
Dijelaskan, perbedaan jumlah siswa dari dua SD hanya beda tipis, sebab siswa SDN Margamulya I berjumlah 210 murid, sedangkan SDN Margamulya II berjumlah 223 murid. Hasil kelulusan kedua SD tersebut sangat membanggakan, yaitu 100 persen.

Peran penting orang-tua
Ke depan, kata Sumarto akan mempertahankan hasil lulusan yang dinilai maksimal dan menghendaki para orang tua siswa turut bekerjasama. Pembenahan sekolah yang masih tertunda, pihaknya berjanji akan terus dilakukan seperti; perbaikan sarana dan prasarana kelengkapan sekolah, penataan halaman sekolah dan hal penting lainnya di bawah motto, dengan semangat baru dan jiwa bersih, kita raih masa depan lebih cerah.
Di tempat yang sama Kepala SDN Margamulya I Mujilan menambahkan, keberadaan sekolah bagi siswa mempunyai peranan penting, sebab keberadaannya dapat memengaruhi warna kepribadian dan menopang keberhasilan siswa.
Kata Mujilan, bagi siswa yang telah lulus hendaknya jangan merasa puas, sebab untuk mencapai tujuan akhir cita citanya masih banyak jalan yang perlu ditempuh. Maka untuk dapat mencapai titik akhir, mari kita turut menuntaskan program Wajardikdas 9 tahun dan menyukseskan program Wajar 12 tahun, imbuhnya
Kepala UPTD Pendidikan Kec Bongas Drs Anang Kartiwa M.Pd mengatakan, menyikapi penampilan siswa-siswi SDN Margamulya I dan II dalam ajang kreasi seni merupakan pembuktian dari hasil transfer ilmu ke praktik dari seorang guru yang berupaya mendidik agar siswanya berani tampil di hadapan publik.
Anang Kartiwa meminta agar ke depan lebih ditingkatkan lagi, sebagaimana arti makna dari wawasan wiyata mandala, bahwa sekolah merupakan pusat kebudayaan.
Menyinggung kelulusan siswa di 27 SD dalam wilayah Kecamatan Bongas dengan jumlah kelulusan 100 persen, Anang menilai imbauan Bupati Indramayu H Irianto MS Syafiuddin tentang penuntasan program Wajardikdas 9 tahun dan turut menyukseskan program Wajar 12 tahun, dipastikan terwujud karena dari jumlah 906 siswa, optimis melanjutkan ke tingkat SLTA, katanya. (ck-104)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer